Home     Pengurus     Anggota     Kode Etik     Sikap     Tujuan     Visi dan Misi     Download     Index     
HATHI SURABAYA -KINCIR PUSAIR UNTUK IRIGASI SANGAT KECIL
Kamis, 20 Desember 2007 00:00:00
KINCIR PUSAIR UNTUK IRIGASI SANGAT KECIL

Berdasarkan hasil penerapan Kincir Air Pusair di Kabupaten 50 Kota Sumbar diketahui bahwa satu unit kincir dapat mengambil air dari sungai antara 10-13 l/dt. Dengan demikian satu unit kincir air akan dapat mengairi lahan sawah sekitar 10-13 hektar per unit kincir.
Keunggulan Kincir Air Pusair yaitu lebih tahan lama karena terbuat dari besi, dapat dirakit di lapangan karena dirancang secara terurai, dan tidak ada pengerjaan dengan sistem las. Dapat memasok air lebih besar dibandingkan kincir air tradisional. Pengoperasian lebih mudah dan pemeliharaannya tidak sulit. Di sisi lain pengoperasian kincir air ini tidak menggunakan bahan bakar minyak.
Kincir Air Pusair dioperasikan oleh tenaga aliran sungai yang beraliran deras atau dibuat beraliran deras. Aliran sungai yang deras di bawah kincir akan menyebabkan terdorongya sudu-sudu kincir sehingga kincir berputar. Tabung-tabung air yang terdapat antara sudu-sudu kincir akan mengambil air saat di dalam air dan menumpahkannya di bagian puncak. Aliran air yang ditumpahkan ke talang di alirkan secara gravitasi ke lahan yang membutuhkannya.
Kincir Air Pusair adalah teknologi inovasi hasil litbang di laboratorium dan di lapangan sejak tahun 1995. Teknologinya masih dan terus dikembangkan melalui penelitian lapangan dan hasil masukan serta hasil evaluasi penerapan terhadap puluhan kincir yang telah dibangun.
Dimensi kincir tergantung dari perbedaan muka air sungai dengan muka tanah / tebing sungai. Umumnya diameter kincir berkisar antara 5 m – 7 m. Lebar kincir biasanya 0,90 meter. Untuk kincir berdiameter 6,0 m jumlah tabung pengambil air dan sudu-sudu berkisar 36 buah.
Pada tahun 2006 di Sumbar telah dibangun tidak kurang dari 26 buah kincir air. Sumber dana pembangunannya berasal dari berbagai instansi yaitu Puslitbang Sumber Daya Air, Dinas Tanaman Pangan Prov. Sumbar, Dinas Pertanian Kab.50 Kota, dan Dinas Kimpraswil Payakumbuh

Kincir Pusair di sungai Batang Sinamar Kab. 50 Kota, Sumbar. Dibangun 2006.